ULMWP ADALAH ROH BARU DARI OPM: SEMUA ORANG ASLI PAPUA ITU OPM, SEPARATIS, MAKAR, DAN JUGA MONYET - Dogaiye Post

Breaking

Home Top Ad

No Dialog; Yes Referendum

SEGERA

Bebaskan Tahanan Politik Papua

Tuesday, July 14, 2020

ULMWP ADALAH ROH BARU DARI OPM: SEMUA ORANG ASLI PAPUA ITU OPM, SEPARATIS, MAKAR, DAN JUGA MONYET


Fhoto: dr.socratez s.Yoman,MA selaku presiden persekutuan gereja-gereja Baptis.
Anggota  DewanGereja Papua (WPCC)
Anggota Konferensi gereja Pasific (PCC)
Anggota Baptits world alliance(BWA)


Oleh: Dr. Socratez S.Yoman,MA

Realitas dan Perspektif

"ULMWP is a new spirit of OPM" (Tuan Rex Rumakiek).

Rex Rumakiek salah satu pilar penting dari OPM dalam suatu pertemuan bersejarah para pemimpin ULMWP pernah menyampaikan keyakinan politiknya.

" ULMWP adalah perwujudan roh dari OPM." Jadi, tidak ada orang secara kelompok atau pribadi mengkleim atau mengaku dirinya adalah OPM."

Rabu, 1 Juli 2020, penulis berkesempatan menelepon salah satu tokoh besar, Filep Jacob Semuel Karma, lebih populer Filep Karma. Tidak asing untuk semua orang, termasuk komunitas global tentang tokoh besar seperti Filep Karma.

Ia dikenal luas sebagai pejuang sejati martabat kemanusiaan, kesamaan derajat, kesamaan hak politik dan hak hidup, keadilan dan perdamaian permanen bagi bangsanya West Papua. Filep Karma terkenal perjuang West Papua Merdeka dengan jalan damai dan dialog damai yang setara dan bermartabat.

Filep sampaikan: "Pak Yoman, saya ini OPM dan saya juga ULMWP. Jadi, tidak boleh ada orang yang buat pemisahan antara OPM dan ULMWP. Karena OPM adalah ULMWP dan sebalaiknya ULMWP adalah OPM."

"Orang-orang keliru, kalau ada yang bedakan OPM dan ULMWP. Karena proses perjuangan yang panjang dari para tokoh OPM telah melahirkan ULMWP."

"ULMWP itu dibentuk oleh para pejuang OPM sejati. Contohnya: Tuan Rex Rumakiek, Tuan Andy Ayamiseba, Tuan Jacob Rumbiak, Tuan Hengky Rumbewas, Nona Leoni Tanggafma anak pejuang OPM dan masih banyak nama lain lagi."

Pendeta Dorman Wandikbo, S.Th. Presiden Gereja Injili di Indonesia sering sampaikan dalam berbagai kesempatan. "Kita semua yang berambut keriting dan kulit hitam ini adalah OPM. Jadi, kita sebagai Orang Asli Papua ini tidak katakan bahwa saya bukan OPM."

Pdt Dr. Benny Giay, Ketua Sinode Kingmi di Tanah Papua sering sampaikan. "Kamu gubernurkah, bupatikah, walikotakah, pejabat tinggikah, kamu semua hidup dalam penjara Indonesia. Karena, kamu semua dianggap OPM, Separatis, Makar."

Jadi, orang Indonesia yang tinggal, hidup dan bekerja di West Papua di atas Tanah orang-orang OPM. Makan makanan ubi, sayur, keladi, singkong, dan ikan dan lain-lain berasal dari Tanah OPM.

Menurut penulis, pandangan dan keyakinan penguasa kolonial Indonesia dan sebagian rakyat Indonesia yang RASIALIS memandang bahwa semua Orang Asli Papua, rambut keriting dan kulit hitam itu anggota OPM, Separatis, Makar dan juga Monyet.

Jadi, kesimpulannya:

1. ULMWP adalah OPM dan OPM adalah ULMWP.

2. Kita adalah OPM dan OPM adalah kita.

3. ULMWP adalah kita dan kita adalah ULMWP. "( Mikha G.).

"ULMWP adalah roh baru dari OPM." (Rex Rumakiek).

Ingat, ULMWP dan Rakyat dan bangsa West Papua tidak berjuang sendirian. Tetapi, seluruh masyarakat global bersama-sama ULMWP berdiri dengan semangat solidaritas dari "Black Lives Matter. West Papua Lives Matter" menjadi kekuatan kita untuk membela dan mempertahankan martabat kami sebagai manusia di atas Tanah leluhur kami bukan sebagai Separatis, Makar dan Monyet.

Tuhan Yesus memberkati.

Ita Wakhu Purom, Kamis, 2 Juli 2020.

Penulis:
1. Presiden Persekutuan Gereja-gereja Baptis West Papua.
2. Anggota: Dewan Gereja Papua (WPCC).
3. Anggota: Konferensi Gereja Pasifik (PCC).
4. Anggota Baptist World Alliance (BWA).
__________

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Terimakasih anda sudah bagikan