Ini Enam Sikap Yang dikeluarkan oleh TPN-PB/OPM Paniai dan PNWP Wilayah Meepago - Dogaiye Post

Breaking

Home Top Ad

No Dialog; Yes Referendum

SEGERA

Bebaskan Tahanan Politik Papua

Tuesday, July 7, 2020

Ini Enam Sikap Yang dikeluarkan oleh TPN-PB/OPM Paniai dan PNWP Wilayah Meepago



1 Juli 2020 Organ Perjuangan Papua Merdeka Pertahanan dan sipil  merayakan
Hari Proklamasi Papua Merdeka secara bersama-sama di Totiyo. Foto. Aktivis MeePago/UC

PANIAI,DP--Usai melalui pengibaran bendara Bintang Kejora pada hari proklamasi Negara Republik West Papua, 1 Juli 2020 yang Ke-49, Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka atau (TPN-PB/OPM) dan Parlemen Nasional West Papua (PNWP) Wilayah Meepago, mengadakan rapat untuk menyatakan sikap di Sekertariat Mabes TPN/OPM, Jantung hati Papua, Totiyo, Paniai West Papua,  (3 Juli 2020.)  


Dalam rapat itu, Otto Jemmy M. Yogi selaku Panglima Kasat Darat TPN-PB/OPM Paniai mengatakan, Pertahanan dan sipil harus bekerja sama dan toleran. Namun untuk kerja-kerja dari militer jangan diatur dari sipil.

“semua kerja-kerja sipil tidak boleh atur agenda pertahanan tapi harus kerjasama," katanya.

Sementara itu, Wakil Parleman Nasional West Papua Wilayah Meepago, Hebel Nawipa, mengemukakan, menuju kemerdekaan mesti melalui kesatuan persatuan dan perpaduan perspektif  serta fokus pada agenda-agenda Papua Merdeka.

kami butuh persatuan dan fokus dalam agenda-agenda Papua Merdeka.” Kata Habel, dalam rapat tersebut, yang dikutip media ini.

Kemudian Panglima Devisi II Paniai, Demianus M. Yogi, mengingatkan kepada semua orang agar tidak mengintrik atau mengadakan berita-berita bohong yang menyebabkan penyesatan terhadap rakyat Papua.

Jangan menyebar berita-berita Hoax yang menyesatkan Rakyat Papua, lebih khususnya di Wilayah Meepago, Tentang Papua Merdeka, yang tidak berdasarkan bukti dan saksi.

Lanjut Demianus M. Yogi, pentingnya ada kerja kolektif antara satu sama yang lain. Sebab, tujuan kami adalah satu yaitu PAPUA MERDEKA,"Jelasnya.

Maka, bersama Habel Nawipa, dari Parlemen Nasional West Papua (PNWP) wilayah Meepago, dan Damianus M. Yogi sebagai Panglima tertinggi Devisi II, serta Otto Jemmy M. Yogi sebagai Kasat Darat TPNPB-OPM Paniai, menyatakan enam sikap. Pernyataan tersebut langsung ditujukan kepada seluruh gerakan sipil yang selama ini mengurus pertahanan diluar garis mekanisme perjuangan papua merdeka," ujar Demianus, menambahkan.

Berikut adalah isi pernyataan sikap:
  1. Segera bubarkan TPNPB versi KNPB di beberapa titik daerah yang ada di Wilayah Meepago, sebelum terlambat, kalau tidak indahkan peringatan ini berarti kami akan turunkan DPO kepada oknum/ individu, tersebut;
  2. Segera bubarkan pelantikan PRD dan setingkat FRAKSI versi KNPB yang di lantik pada tahun 2019 lalu, tanpa kode etik dan No surat putusan, berupa rekomendasi Konferwil dan Konferda PNWP Tentang pemilihan dan pelantikan anggota maupun ketua baru 23 PRD di seluruh teritorial West Papua, lebih khusus Wilayah Meepago;
  3. Sebuah surat perintah yang dikeluarkan tokoh pertahanan oleh Orang Tua Telenggen kepada Tuan.Habel Nawipa. Kami perintahkan segara bertindak lanjut konfrensi (I) di Biak yang di komandoi oleh KNPB, itu tidak sesuai mekanisme perjuangan yang dirintis oleh sekawan perjuangan yang mendahului demi bangsa dan Negara yang kita harapkan di tubuh pertahanan;
  4. Kami pemimpin panglima tertinggi Wilayah Meepago menyeruhkan kepada seluruh kerja-kerja sipil aktivis Papua merdeka segera berhenti atur-atur agenda Pertahanan;
  5.  Kami Pemimpin Panglima tertinggi Wilayah Meepago dengan sikap yang tegas bahwa posisi hari ini ada di sejarah jejak orang Tua pada 1971 yaitu Devisi II kodap IV, sehingga kerja-kerja sipil maupun oknum/individu yang beda ideologi dengan sejarah diatas ini maka di luar dari tanggungjawab kami;
  6. Wilayah Meepago bersepakat, bersatu, dan mendorong agenda ULMWP dengan:

  • Pada tanggal 28 September 2019, dekolonisasi Ham PBB 4 daerah ditetapkan sebagai daerah konflik termasuk Papua;
  • Dukungan 79 Negara ACP;
  • Mendaftarkan anggota penuh MSG dalam tahun ini;
  •  Penyatuan pertahanan dalam, West Papua Army (WPA)



Reporter: Aktivis Papua Merdeka, Wilayah Meepago
Editor: Admin

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Terimakasih anda sudah bagikan