BEBASKAN DIRI DARI BELENGGU MASA LALU. - Dogaiye Post

Breaking

Home Top Ad

No Dialog; Yes Referendum

SEGERA

Bebaskan Tahanan Politik Papua

Thursday, June 4, 2020

BEBASKAN DIRI DARI BELENGGU MASA LALU.

Foto Eliaser Pigay

OPINI_Manusia hidup untuk masa depan, bukan untuk masa lalu. Oleh karenanya, adalah sangat menyedihkan kalau orang terhambat, bahkan tenggelam (kemauan) hidupnya oleh aneka peristiwa masa lalu. Peristiwa hidup yang sudah terjadi tidak bisa diputar balik lagi.

Segala sesuatu yang sudah terjadi akan tetap terjadi, menjadi bagian sejarah hidup yang tidak bisa diganggu gugat lagi. Mustahillah orang bermimpi untuk dapat mengubah sejarah. Manusia hanya bisa membangun dan berharap pada masa depannya.

Marilah kita berusaha hidup realistis, belajar menerima apa yang sudah tidak bisa diubah dan berusaha melakukan apa yang terbaik pada hari ini untuk dapat menyongsong masa depan dengan penuh pengharapan.

Jangan terbelenggu oleh masa lalu, selamatkan apa yang masih bisa diselamatkan dari hidup ini, bahkan kalau seakan harus memulai hidup dari awal. Sebab kalau Anda hanya meratapi masa lalu, maka Anda akan kehilangan segalanya, bahkan selayaknya tidak pantas memperoleh anugerah Kehidupan.

Ada pepatah yang mengatakan, Anda menjadi seperti apa yang Anda pikirkan. Jadi bukankah sangat menyedihkan kalau Anda terus membiarkan pikiran dan perasaan tenggelam dengan situasi masa lampau yang mengecewakan?

Penjara yang mengurung dan melukai Anda di masa lalu sudah tidak ada dalam masa sekarang, mengapa Anda masih terus membawanya sampai saat ini untuk mengurung Anda?

Bukankah setiap kali Anda tenggelam dengan pikiran ke situasi masa lampau, Anda menghadirkan kembali duka-getirnya yang membelenggu kebebasan dan keceriaan jiwa Anda saat ini? Tiada orang yang bisa menolong Anda kecuali diri Anda sendiri untuk membebaskan Anda dari penjara masa lampau.

Kalau Anda ingin memiliki hidup dan meraih masa depan yang lebih baik, Anda harus tegar dan berjiwa besar menerima dan memahami sejarah hidup yang sudah terjadi, meskipun berat, Anda harus menerimanya dengan kerelaan, kecuali kalau Anda ingin terus mengalami cengkramannya untuk kedua kalinya, bahkan berulang kalinya, setiap kali Anda tenggelam dengan pikiran masa lampau yang membelenggu.

Sesungguhnya tidak ada sesuatu yang aneh dari ketidakpastian Anda dalam hidup ini. Konflik dan pertentangan merupakan hal yang lumrah karena perbedaan kepentingan dan harapan. Hujan yang sama bisa diterima dan dialami dengan aneka sikap, sesuai dengan kepentingan dan pengharapan setiap orang.

Yang baik untuk Anda bisa dianggap buruk bagi orang lain, dan sebaliknya. Jika Anda ingin mengubah sesuatu dan mengalami kedamaian,  ubahlah pikiran Anda yang tidak bisa memahami semua ini dan yang membiarkan jiwa terbelenggu dalam ketidaknyamanan masa lalu.

Masa lalu dengan segala pahit-manisnya, suka- dukanya, biarlah menjadi sebuah sejarah hidup. Masa kini adalah kenyataan yang harus di lewati dengan kebesaran jiwa, sehingga masa depan dapat diharapkan semakin lebih dan lebih baik lagi.

Bebaskanlah diri Anda dari belenggu masa lalu, sebab masa depan adalah milik Anda. Tuhan memanggil umat-Nya untuk hidup menuju harapan masa depan yang lebih baik, bukan untuk hidup demi masa lampau.

Tidak ada manusia yang dapat memperoleh segala keinginannya dalam hidup ini. Hidup ini tidak selalu dapat berjalan sesuai yang Anda pikirkan. Anda harus dapat memanfaatkan keadaan dengan sebaik-baiknya demi masa depan.

Tidak ada orang yang dapat menuliskan kisah hidup Anda selain Anda sendiri. Anda ingin menjadi apa nanti, mulailah lakukan sekarang juga, lepaskanlah belenggu masa lalu, sebab Anda dipanggil untuk masa depan.

Bebaskan diri Anda dari belenggu masa lalu. Hidup Anda tertuju untuk masa depan. Masa depan yang butuh langkah-langkah pasti dan real. Masa depan yang membutuhkan kebebasan bagi jiwa untuk berjuang.

Oleh: Eliaser Pigai

Posted By Admin.



No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Terimakasih anda sudah bagikan