Pdt. Benny Giay Mengajak Rayakan Paskah Dan HUT KINGMI Tahun Ini Dari Rumah - Dogaiye Post

Breaking

Home Top Ad

No Dialog; Yes Referendum

SEGERA

Bebaskan Tahanan Politik Papua

Saturday, April 4, 2020

Pdt. Benny Giay Mengajak Rayakan Paskah Dan HUT KINGMI Tahun Ini Dari Rumah

Spanduk selebaran acuan ibadah 




Yogyakarta, Dogaiyepost.com-Ketua Sinode Gereja Kemah Injil  (KINGMI) di Tanah Papua, Pdt.Dr.Benny Giay mengajak seluruh umatnya tetap merayakan rentetan ibadah paskah dan Hari Ulang Tahun KINGMI yang jatuh tempo pada 06 April 2020 yang ke 58 tahun dapat dijalankan dari rumah masing-masing sesuai arahan yang dikeluarkan badan sinode pada sepekan lalu. Hal tersebut disampaikan melalui akun Facebook pribadinya, Kemarin Sabtu, (04/04/19).

Acuan Ibadah 6 April 2020 & Paskah atau kerangkanya bisa di baca di arahan yang kami keluarkan tanggal 26 Maret 2020 & Tema yang serupa untuk Paskah & HUT KINGMI.

Giyai menyampaikan, Allah adalah Immanuel yang artinya Allah bersama kita. Seperti dahulu Allah telah membimbing  bangsa Israel ketika mereka mengalami penindasan oleh kekaisaran Romawi demikian juga kini Allah hadir untuk melindungi, menyertai, memimpin dan menjaga umat tersisa diatas Papua dari segala ancaman dan penindasan penguasa kolonial Indonesia dibawah pemerintahan Jokowi.

 Semangat, kehadiran Tuhan & RohNya serta teriakan dari Tuhan kita temukan dalam Dia Tuhan kita itu yang Imanuel (bersama kita) dalam penderitaan/kepanikan Papua hari-hari ini di bawah kekaisaran Jokowi, seperti kita baca Yesus, Allah hadir lewat AnakNya dalam kondisi kemanusiaan bangsa Israel yang hancur-hancuranan abad pertama di bawah kekaisaran Romawi.

Allah khalik langit dan bumi serta sekalian isinya dan manusia telah mengutus anak-anaknya ke dunia untuk melaksanakan amanat yang diberikan kepada manusia sebagai tugas mulia.  Tuhan senantiasa campur tangan seperti perjalanan pertumbuhan dan perkembangan Gereja KINGMI Papua dengan kasih dan kemurahannya mengantarkan KINGMI masuk pada  usia yang ke 58th merupakan  perwujudan Immanuel benar-benar ada dalam kehidupan setiap umat manusia.

Saat Kristus hadir dalam dunia Abad pertama, Allah Bapa yang utus Dia (Allah) yang hadir di dunia itu. Demikian juga dalam 58 Tahun perjalanan Gereja KINGMI ini (sejak 1962 sampai 2020) Tuhan bersama Gereja Sinode ini, Dia (Allah itu) tidak hanya hadir dalam ziarah Gereja kita; tetapi Dia, Tuhan yang Imanuel itu, mengutus kita ke dunia orang Papua.

 Menilik perjalanan kebelakang, Gereja KINGMI sudah menempuh dua jalur yang berbeda, pertama, mulai tahun 1962 s/d 2012  (50th) adalah perjalanan yang lebih banyak memfokuskan pada memberitakan Injil gara-gara ada pergumulan bahwa Kristus akan kembali sebelum tahun 2000 sehingga konsekuensinya jauh dengan kenyataan sosial dan merasa tidak penting bergaul bersama umat Tuhan hingga di Jemaat saat itu.

Dalam ziarah/perjalanan kita sebagai Sinode, saya amati, ada 2 jalan yang Gereja kita pilih: (a) Setelah terima injil, kita berpegang teguh kepada injil/ injil 4 berganda, memberitakan Kristus lewat PI ke seluruh dunia (amanat agung (Matius 28:19 dst) memberitakan Firman Allah tetapi menghindar dari pergulatan sosial jemaat-jemaat kita sambil menganggap pendidikan, kesehatan tidak penting, karena berambisi/ bergumul supaya Kristus kembali sebelum tahun 2000, ini jalan kita pilih dalam 50 Tahun pertama (1962 - 2012).”

50 tahun pertama mengenai prioritas utama yaitu Penginjilan atau pewartaan juga sangat penting akan tetapi seperti dikata rencana manusia terhenti oleh karena Tuhan punya rencana yang jauh lebih baik untuk manusia. Karena demikian, Tuhan sering memberikan ujian sambil mempersiapkan yang terbaik dengan memberikan alternatif kedua yaitu  menempuh mulai 2012-2062 (50th). 

Umat Tuhan di Papua mesti meneladani pelayanan Yesus selama Ia di bumi menunjukkan menjangkau berbagai kalangan dan menembusi geografis yang ekstrem bagaimanapun tetap Dia setia melayani dengan kasih. Yesus pernah berkata, [Mrk, 2:17] “Bukan orang sehat yang memerlukan tabib, tetapi orang sakit; Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, melainkan orang berdosa.”  Itu artinya, bukan bertopang-dagu menyaksikan derita umat diatas sofa atau menghibur diri dengan ayat emas dibalik mimbar, melainkan mengajarkan kita bahwa kita diutus untuk melayani sesama manusia sambil mengedepankan buah-buah Roh. Baca di [Galatia 5:22]

Dalam 50 tahun pertama ini, kotbah & PI & KKR lebih penting tetapi menghindar atau tidak membaca "tanda-tanda jaman" (Matius 16 : 2-3). Saya kira itu baik, Puji Tuhan. Tetap minta maaf, Kepikiran & rencana Gereja KINGMI & misi CMA & jalan yang kita, manusia pilih kadang bukan pikiran Tuhan (Yesaya 55: 8-9). Ayat ini & contoh karya nyata Yesus dalam abad pertama meyakinkan bahwa sebenarnya ada jalan kedua, Tuhan tunujukkan untuk Gereja kita mengiring Kristus dalam 50 tahun kedua (2012 -2062); yaitu bukan menutup diri dari dunia dari derita Papua tetapi ikut Yesus dengn masuk ke dunia sosial orang Papua, janda-janda, orang miskin & korban pelanggaran Ham/rasisme.

Yesus sendiri telah diolok-olok mendapatkan beragam cacian-makian bahkan dipukul sampai Ia disalibkan  dibukit Golgota adalah bukti bahwa Yesus terlebih dahulu telah menderita harus mati dan bangkit pula dari antara orang mati, melalui itu, kami menjadi miliknya selain itu membayar kami dengan darahnya sehingga kami telah dimeteraikan tanda miliknya diatas dahi. Janganlah khawatir dan gentar tentang apapun juga bersama Yesus kita bisa melewati aral ini. Tetaplah berdoa dan dirumah saja.

Jangan takut "kriminalisasi, & stigma dan penolakan. Kristus sudah terima semua penolakan ini. Dengan "injil yang sebagai kekuatan Allah yang mnyelamatkan itu, kita sambut secara terbuka " arahan Gubernur untuk tinggal di rumah, dll.”

Melawat alam dan manusia Papua dari  titik penghabisan/pemusnahan ini,  sekarang sudah waktunya berjalan barengan dengan praktik (karya nyata) keluar dari zona nyaman untuk melindungi dan menjaganya. Bukankah, satu ons aksi lebih bernilai daripada satu ton khotbah.? Firman Tuhan itu bukan sesuatu yang hanya dikhotbahkan dari mimbar, bukan pula mengadakan semacam seminar, atau bukan juga mengumpulkan banyak orang lalu sharing tentang cerita-cerita dalam Alkitab, tapi Firman Tuhan itu nyata dan benar adanya (Yoh,1:1) maka semua orang harus mendengar dan melakukannya alias Orat Et Labora (Berdoa dan bekerja). Sebagai manusia utusan Tuhan, haruslah menjadi alat yang berguna yang siap dipakai Tuhan menjadi penyambung lidah yang  selalu siap sedia menyankal diri dan memikul salib untuk bereaksi melaksanakan perintahnya tanpa pantang mundur melayani semua orang dimanapun umatnya berada.

Dunia Papua yang 50 tahun pertama sudah lewat marilah kita belajar menjadi kaki, tangan dan lidah Tuhan Allah kita untuk melawat Papua tidak hanya dari mimbar tetapi dengan " karya nyata" datang ke orang-orang sakit, orang Papua yg kena AIDS. Atau di penjara-penjara dan tempat-tempat pengungsian di Nduga, Wamena, Sugapa, Intan Jaya, Nabire, Timika.

Panggilan adalah suatu ajakan  bersifat keharusan. Seketika  kita dipanggil maka suatu tindakan harus dilakukan pada saat kita dipanggil. Tuhan panggil, supaya kita mengambil tanggungjawab  menyelesaikan persoalan memikul salibnya ditengah kompleksitas masalah-masalah yang sedang menjulang menjadi nabi pemecah masalah.  

Pada Hut KINGMI yang ke 58 kami Badan Sinode menyampaikan selamat Hut KINGMI yang ke 58. Selamat menaati panggilan Tuhan kita dari tengah-tengah Papua yang sedang bergejolak, & sedang menangis bersama orang Papua "dengan tertuju kepada Kristus (Ibrani 12:2).

Akhirnya, Pendeta Benny Giay, selaku ketua sinode Papua mengucapkan Selamat hari HUT KINGMI yang ke 58 tahun. Beliau berpesan agar umat Tuhan dapat berpartisipasi mengawal Injil empat berganda (salib, cangkir, bulir dan mahkota) selamat menjadi saksi Iman ditengah kelaparan dan pengunsian di tanah Papua.

Selamat mengawal  "injil 4 berganda" dengan masuk bersama Yesus ke tengah-tengah Papua yang kelaparan dan mengungsi. Tuhan Imanuel. Selamat masuk ke dunia Papua bersama Kristus, selamat menyangkal diri & memikul salib.” (Ibrani 11, 12:1).

Pewarta: Admin

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Terimakasih anda sudah bagikan