Yesus Cinta Rumah-Nya - Dogaiye Post

Breaking

Home Top Ad

No Dialog; Yes Referendum

SEGERA

Bebaskan Tahanan Politik Papua

Wednesday, February 19, 2020

Yesus Cinta Rumah-Nya

Ilustrasi Yesus Maha Pengasih dan Penyayang



Oleh:Y. Awega Nawipa

Rumah Yesus yaitu tubuhnya. Ia menggambarkan Gereja dengan tubuhnya adalah rumah Yesus sendiri, tempat dimana Ia hinggapi dalam hati setiap orang percaya. Ada beberapa pengertian Gereja yakni: pertama Gedung/Bangunan besar, kedua. Tempat Ibadah,  Bait Allah dan sebagainya. Jawabannya secara fisik semua benar. Akan tetapi lebih tepatnya tubuh Yesus, maksudnya bukan gereja yang dibuat oleh batu; semen, pasir atau emas atau bahan campuran lainnya. Karena Yesus tidak dibuat oleh bahan-bahan itu. Maka, Yesus disebut sebagai anak Allah yang maha tinggi Ia  diutus Allah untuk mencari dan menyelamatkan manusia [Luk.19:10]. Karena kasih Allah itu begitu besar maka Anaknya yang sulung menjadi penebusan bagi setiap manusia, supaya manusia memperoleh hidup yang kekal [Yoh 3:16]. Yesus mulai mengajar pada umur yang ke 12 tahun, ayah dan ibunya menemukannya saat Ia sedang berdialog dengan para ahli-ahli taurat.

Yesus adalah guru yang bertanya sehingga pembicaraannya selalu mengarah ke pembukaan wawasan murid-murid-Nya termasuk orang-orang yang mengikutinya. Selain bertanya Yesus membuka kesempatan untuk berdialog. Metode dialog adalah metode yang sangat tertua  didunia bahkan sering digunakan dalam pemecahan suatu konflik yang berkepanjangan.


Yesus memanfaatkan kesempatan pengajarannya  agar murid-muridnya dapat mengerti maksud sesungguhnya mengenai kedatangannya. Ia datang bukan untuk meninggikan diri, bukan juga untuk menyombongkan diri, Yesus tidak  Pernah bilang Akulah Yesus sembahlah Aku. Kedatangan Yesus membuka jalan keselamatan. Selanjutnya, Yesus sebagai pengudus, ia memilih dan mengangkat kita menjadikan murni seutuhnya dalam darahnya, kita dikuduskan juga. Maka sangat baik sekali bila setiap orang menjaga kekudusan sebagai umat Pilihan Allah yang ditempatkan pada tempat yang khusus.

 Kemudian Allah adalah Tabib yang menyembuhkan atau memulihkan penyakit tubuh, dan jiwa. Ketika golongan Farisi berkata kepada Yesus “mengapa kau makan bersama orang-orang (berdosa) pemabuk dan pelacur?” Ia berkata “ bukan orang sehat yang memerlukan tabib, tetapi orang sakit Mrk.[2:17]” penyataan ini menandakan bahwa Yesus datang untuk memanggil orang-orang yang terhilang juga menyembuhkan orang-orang yang tengah mengalami kesakitan serta menuntaskan segala persoalan, berarti Yesus adalah Raja. Benar! Yesus adalah Raja diatas segala raja. Ia yang telah membuka jalan keselamatan itu berkata “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. tidak seorangpun yang datang kepada Bapa kalau tidak melalui Aku”[Yoh.14:6]. 

Kini Tanah Papua berada ditengah kompleksitas masalah. Kami bertanya adakah  sosok seperti Yesus yang menyelamatkan rakyatnya dari sistem kolonialisme?; yang mencari jalan keselamatan dan kedamaian; yang memperjuangkan kemerdekaan bangsa Papua dari segala macam cengkraman Indonesia dan komplotannya yang berkecimpung mempermainkan kekayaan dan manusia. Seperti yang kita ketahui, Yesus sendiri sang  pembebas orang-orang  tertawan dan yang tertindas dibawah kuasa Iblis.


Sekarang siapakah Nabi yang akan memerdekakan Bangsa Papua? apakah dia masih belum terlahir untuk kita, sehingga masih kita nantikan seseorang seperti Musa bagi Bangsa Israel? saya  berpendapat bahwa tidak ada Musa lain selain Musa hari ini  adalah kamu, dan saya yang mesti bersatu seperti adagium ini "bersatu kita teguh bertengkar kita runtuh" bangkitkan semangat dan rasa nasionalisme dan patriotisme demi  tanah dan air Papua.

Rekomendasi:
  1. Negara mesti mengikuti teladan Yesus dalam mengatasi konflik. Dengan menggunakan metode dialog sebagai solusi  demokratis;
  2. Negara jangan berperilaku seakan pemilik tubuh manusia dengan memperlakukan sesama "orang Papua" dengan tidak berperikemanusiaan sampai menghilangkan nyawa. Mengapa? karena Yesus cinta tubuhnya dan itulah rumahnya dimana ia berteduh;
  3. Dan lain-lain 


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Terimakasih anda sudah bagikan